Manajemen Taman KIM BIJAK

214
Saling Memompa Semangat di Lapangan saat pembuatan Taman TIK KIM BIJAK

Upaya mewujudkan ruang informasi yang komunikatif, jujur dan aktual tentu saja bisa melalui berbagai media. Taman kota dan Taman Lingkungan dapat pula menjadi ide kreatif dalam upaya menyampaikan pesan kepada khalayak. Itulah yang kemudian terbersit dibenak TIM TAMAN TIK yang dibentuk oleh Drs Moch Djaelani saat menerima Surat dari Dinas Kominfo Kota Malang no 555/563/35.73.304/2016 tertanggal 22 April 2016 tentang Lomba Taman Lingkungan KIM berbasis TIK 2016.

Ide dan kreativitas dimantapkan bersama dengan anjangsana ke Lurah Bandungrejosari 10 Mei 2016 di Kantor Kelurahan setelah mengikuti Bimtek kegiatan. Salah satunya adalah menggandeng TP PKK Kelurahan Bandungrejosari, khususnya POKJA IV yang berorientasi pada kegiatan Lingkungan.

Melalui pendalaman ide yang dimusyawarahkan di Studio DUTA SWARA FM, Tim yang dikomandani langsung oleh Ketua KIM , yang juga Manajer Radio ini, kemudian bersepakat memilih Tanaman Obat Keluarga sebagai pesan. Beberapa pertimbangan yang menjadi acuan pokok dalam pelaksanaan nantinya adalah tempat yang terbatas, mudah dijangkau serta paduan Taman KIM dengan pergola yang ada. Selain itu pola taman/lanscape serta pilihan taman juga menjadi bahasan lanjut,  dengan pertimbangan dapat segera diaplikasikan, mudah didapat dan murah.

Masalah biaya pelaksanaan yang sempat disampaikan kepada Lurah mendapatkan tanggapan serius. Mengingat kegiatan ini berlangsung saat alokasi APBD sudah dilaksanakan. Sehingga pembiayaan diarahkan kepada aktivitas kelembagaan KIM lewat dana APBD. (dalam kegiatan dana hibah untuk masyarakat kelurahan KIM BIJAK mendapatkan kegiatan sebagai operator Web Kelurahan Bandungrejosari). Demikian lah akhirnya masalah biaya dapat terselesaikan dengan dibantu staf Kelurahan dalam proses administrasi keuangannya. Inilah yang kemudian menjadi poin kemenangan proses manajemen KIM BIJAK, seperti diakui oleh Ir Bambang Nugroho ST MT (Kabid SKDI Dinas Kominfo Kota Malang) saat rapat rutin di Media Centre bulan Mei yang lalu.

Dan proses pengerjaan pun menjadi taruhan akhir, saat membongkar tanah ; dilanjutkan memasang tanaman di lokasi petak 1. Hal ini dikarenakan pelaksanaan kegiatan dihari Jumat (20/5) dalam situasi yang “lumayan”panas dan menyengat. Namun semangat pun terus dipompa bersama Tim dan yang paling luar biasa adalah dukungan pahlawan dan relawan Telecenter serta staf Bidang SKDI yang hadir “full team”. Inilah yang paling membahagiakan”” kata Moch Djaelani disela sela kegiatan pemasangan Taman TIK KIM BIJAK.

LELE
Pelepasan bibit ikan lele di Kolam bersama Kabid SKDI Dinas Kominfo Kota Malang

Dan ide kreatif yang muncul kemudian adalah mengisi Kolam dengan ikan lele bersama dengan Kabid SKDI.

Luarr Biasa .

Ar/Ida

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.