PKK : Kinerja berbasis layanan

Gebyar Hari Kesatuan Gerak PKK ke 43 dibuka resmi oleh Wakil Gubernur Jawa Timur di Taman Candra Wilwatikta Pandaan Kabupaten Pasuruan.

Dalam kata pengantarnya Ketua TP PKK Propinsi Jawa Timur, yang diwakili oleh Wakil Ketua, I Fatma Saifullah Yusuf, disampaikan bahwa acara ini adalah sebagai bagian dari evaluasi kinerja PKK selama kurun waktu setahun. Sehingga patutlah kiranya muncul beberapa solusi atas permasalahan yang didapat dari layanan PKK di seluruh Jawa Timur dan rencana kegiatan di tahun mendatang. Adapun kinerja PKK, yang merupakan mitra pemerintah, dalam membangun kemandirian serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Jawa Timur khususnya, merupakan satu strategi pembangunan yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan jangka Menengah Daerah (RPJMD) Propinsi Jawa Timur. Hal ini seiring dengan perkembangan ruang dan waktu, kemampuan dan kemandirian perempuan mengharuskan mengadakan penyesuaian-penyesuaian dengan peraturan dan kondisi jaman yang sedang dijalaninya. Khususnya dengan perkembangan teknologi informatika (TI), Wagub juga mengingatkan agar perkembangan TI dapat dimanfaatkan untuk mempermudah kinerja PKK dan meningkatkan kualitas kesejahteraan keluarga.

Selain itu berdasarkan aturan yang ada, Ummu Fatma (begitu Wakil Ketua I TP PKK Jawa Timur dipanggil) kegiatan Posyandu akan menjadi Pusat Layanan Dasar dari semula sebagai Pusat Layanan Dasar Kesehatan. Hal ini mengingat bahwa dalam kegiatannya Posyandu sudah masuk beberapa elemen layanan kesehatan, layanan dasar pendidikan dan beberapa yang lain. Yang kesemuanya dilaksanakan secara terpadu. Sehingga patutlah dicanangkan tahun 2015 adalah tahun revitalisasi Posyandu.

Pada kesempatan yang baik ini, disampaikan penghargaan Adi Bakti Madya PKK kepada lebih kurang 70 Kader PKK desa kelurahan di seluruh Jawa Timur dan pelaksana terbaik kegiatan 10 Program Pokok PKK di tingkat Kota dan Kabupaten. Hal ini diharapkan dapat menjadi motor penggerak pada percepatan program pembangunan di Provinsi yang bercita-cita berkontribusi menjadi Provinsi  Terbaik di Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, diiringi oleh Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan, seluruh Bupati Walikota yang hadir serta Forpimda mengunjungi stand pameran PKK dan kemandirian usaha 38 Kabupaten Kota di Jawa Timur. Acara BBGRM ke 12 dan HKG PKK ke 43 akan berlangsung dari 21 – 23 Mei 2015

Disarikan dari berita lima dan sumber lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.