Menghayati Gotong Royong

100aMemperingati atau hadir dalam peringatan pada hakekatnya adalah mengingatkan sesuatu agar kita tidak lupa atau melupakan. Menjalani perubahan adalah sesuatu yang wajar, mengingat jamanpun sudah berubah. Demikian kalimat sederhana yang disampaikan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, saat memberikan sambutan pada Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat Jawa Timur yang ke XII serta Hari Kesatuan Gerak PKK ke 43 Tahun 2015 di Taman Candra Wilwatikta Kab. Pasuruan, Kamis (21/5).

Dengan gaya lugas tanpa mengurangi rasa khidmat, beliau menjelaskan bahwa semangat ini adalah warisan dari para pendiri negara (founding father) Republik Indonesia. Dari perdebatan mengarahkan bentuk negara antara negara sekuler dan non sekuler sampai dengan implementasi riil di lapangan yakni berkoperasi. Tak luput beliau soroti akses moral dari kehidupan berumahtangga sampai dengan pemanfaatan ekonomi yang tersia-siakan juga disampaikan dengan diiringi canda khas santrinya, sehingga suasana alam amphi theatre  Taman Candra Wilwatikta menjadi bergemuruh, ditambahi dengan 1.086 siswa yang memukul kentongan tanda dimulainya acara.

Acara yang bertemakan “Dengan Gotong Royong Masyarakat dan Gerakan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kita Gelorakan Semangat Kerja Menuju Jatim Yang Mandiri dan Sejahtera”, ditujukan pada percepatan program RPJMD Propinsi Jawa Timur. Sebagai unjuk kerja Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM)  dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK adalah pemberian penghargaan atas prestasi,  penghargaan atas pengambdian yang tulus pada Gerakan PKK di Jawa Timur  serta penghargaan daerah atas kinerja Pemerintah Kota/Kabupaten pada pelaksanaan program prioritas pasar desa. Disamping itu juga dimaklumkannya dana sejumlah lebih kurang 90 Milliar Rupiah dari berbagai SKPD yang sudah dilaksanakan pada BBGRM dan HKG PKK tahun 2015 ini. Sehingga kemeriahan dan puji syukur adalah bagian utama dari Gebyar Puncak BBGRM, dan perwujudan rasa syukur digelorakan lewat Pasuruan Gemuyu yang lagunya adalah salah satu karya cipta Bupati Pasuruan.

Beberapa penghargaan yang diberikan langsung oleh Wagub dan Ketua TP PKK Propinsi Jawa Timur (yang diwakili oleh Wakil Ketua I Fatma Saifullah Yusuf) adalah Penghargaan sebagai Pelaksana 10 Program Pokok PKK (TP PKK Kelurahan Sukun Kec Sukun Kota Malang sebagai terbaik 3 Tingkat Kota), Penghargaan Pelaksana terbaik BBGRM (kelurahan Bunulrejo Kec Blimbing sebagai Pelaksana Terbaik 3), Penghargaan Kabupaten pelaksana Pasar Desa dan Pemberian Pin Emas PKK (Adi Bakti Madya PKK) kepada 70 kader PKK Propinsi Jawa Timur (Ibu Sumiati Khusaeri dari TP PKK Tanjungrejo dan ibu Watiah Satrio dari TP PKK Sawojajar Kota Malang adalah dua peserta dari Kota Malangyang mendapatkan penghargaan pin emas).

Turut hadir Wakil Ketua I TP. PKK Prov. Jatim Fatma Saifullah Yusuf, Wakil Ketua II TP. PKK Prov. Jatim Yuliati Khairani Ahmad Sukardi, Bupati pasuruan Muhammad Irsyad Yusuf beserta istri selaku tuan rumah, seluruh bupati/walikota se-Jatim, serta Forpimda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.