Merajut Masyarakat Informasi

Peran membangun kota Malang hendaknya tidak melalui kerja Satuan Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemerintah Kota Malang, namun harus melibatkan semua komponen/stakeholder pembangunan Kota Malang, salah satunya adalah pada blogger. Demikian diungkap oleh Kepala Dinas Kominfo Kota Malang, Zulkifli Amrizal, S.Sos, M.Si, dalam kata pembuka pada Lokakarya Pengembangan Peran Media Massa tahun 2015 di Gedung Majapahit Balaikota Malang, Sabtu (15/08).

Acara bersama komunitas blogger dan Kelompok Informasi Masyarakat ini diselenggarakan oleh Bidang Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi (SKDI) Dinas Kominfo Kota Malang, dengan tema Peran Netizen dalam Pengembangan Kota Malang. Tema ini selaras dengan progres Kota Malang ke depan sebagai Kota Pintar (Smart City) bersama Surabaya, Bandung dan Jogyakarta. Tantangan ini harus dapat dibaca peluangnya lewat paradigma saling menguatkan antara SKPD (baca Pemerintah Kota Malang) dengan warga Kota Malang yang bergerak dan beraktivitas dalam internet (netizen). Dan tentu saja memerlukan satu komitmen bersama dalam membangun satu sistem informasi terbuka, diminati berbagai lini kepentingan. Mulai masyarakat, praktisi, pengusaha dan utamanya adalah Pemerintah.

Hal ini memerlukan rencana tindak lanjut, dalam bentuk dan media informasi tertentu dengan pelibatan infrastruktur blogger dalam media on line berbagi bersama dengan Pemerintah Kota Malang. Setidaknya idealismenya sudah pernah ditulis oleh Ir Bambang Nugroho MT (baca Indonesia harus Membangun Sistem untuk menuju Masyarakat Informasi)  berbasis pada UU Keterbukaan Informasi No 14 tahun 2008.

Narasumber bersama Kadian Kominfo Kota Malang
Narasumber bersama Kadian Kominfo Kota Malang

Acara kali ini adalah keberlanjutan dari Program Diseminasi Informasi yang melibatkan komunitas Wartawan, Media Radio dan TV, dan Media Pertunjukan Rakyat. Dan bertindak sebagai Narasumber adalah Dwi Cahyono dari Yayasan Inggil, Aji Prasetyo seniman dan moderator Nedi Putra AW dari Persatuan Fotografi Indonesia. Acara ini pun diliput oleh Malang TV sebagai media partner Bidang SKDI Kominfo Kota Malang.

Ar/kontributor KIM BIJAK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.