Selayang Pandang

Kelompok Informasi Masyarakat adalah Lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh, dan untuk masyarakat yang berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sadar informasi.

KIM BIJAK adalah salah satu dari tujuh Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang ada di Kota Malang.

Tujuan  dibentuknya  Kelompok  Informasi  Masyarakat  ( KIM ) BIJAK ini adalah :

  1. Untuk menemukan masalah bersama melalui diskusi dengan anggota kelompok.
  2. Mengembangkan jaringan informasi untuk mengenali cara pemecahan suatu masalah.
  3. Membuat keputusan bersama.
  4. Melaksanakan keputusan bersama dengan kerjasama.
  5. Memberikan informasi yang akurat, baik informasi yang berasal dari pemerintah maupun dari masyarakat.
  6. Mengembangkan pemberdayaan informasi pada anggota kelompok.
  7. Mengembangkan potensi setiap anggota kelompok dalam meningkatkan perekonomian anggotanya.

VISI KIM BIJAK

  1. Terwujudnya Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang inovatif dalam meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat melalui pendayagunaan informasi dan komunikasi dalam rangka mencapai masyarakat informasi yang sejahtera.
  2. Mewujudkan masyarakat yang sadar informasi.

MISI KIM BIJAK

  1. Mendorong tumbuh dan berkembangnya KIM secara mandiri sebagai wahana informasi bagi      masyarakat.
  2. Meningkatkan peranan KIM dalam memperlancar arus informasi antar anggota masyarakat, antara pemerintah dengan masyarakat, serta pemerintah dengan masyarakat.
  3. Meningkatkan kemampuan Anggota KIM dan masyarakat dalam mengakses informasi dalam rangka meningkatkan literasi informasi dan mengatasi kesenjangan informasi.
  4. Mengembangkan dan meningkatkan aktivitas KIM dalam mendayagunakan informasi sebagai media yang dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat serta sebagai media menyalurkan aspirasi masyarakat.
  5. Meningkatkan kemampuan anggota dan masyarakat dalam hubungannya dengan peningkatan ekonomi masyarakat.

TUGAS KIM BIJAK

  1. Mewujudkan masyarakat yang aktif, peduli, peka dan memahami informasi.
  2. Memberdayakan masyarakat agar dapat memilah dan memilih informasi yang dibutuhkan dan bermanfaat bagi masyarakat.
  3. Mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dua arah antara masyarakat dengan masyarakat, masyarakat dengan pemerintah maupun dengan pihak lainnya.

MOTTO KIM BIJAK

Berdayakan Informasi yang Jujur, Aktual, dan Komunikatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.