IWSMS Kota Malang
Malang kembali mendapatkan penghargaan sebagai salah satu dari 2 (dua) kota yang menjadi tolok ukur kepuasan pelanggan dalam pelayanan air minum bersama kota Makassar Sulawesi Selatan. Hal ini diungkapkan oleh local fasilitator program IWSMS, Anisatul Mardiyyah Selasa (05/02) pada Sosialisasi Program bersama SKPD Kota Malang.
Indonesian Water SMS adalah satu program pengaduan pemakaian air PDAM yang dimotori oleh PATTIRO (Pusat Telaah dan Informasi Regional) Kota Malang dengan Pasific Institutes dan Nexleaf Analytics, yang dimasa datang sangat berguna bagi pelanggan air diseluruh kota di Indonesia. Namun, mengingat masih dalam tahapan uji coba maka banyak masukan dan saran dari masyarakat agar penggunaannya lebih effisien dan efektif. Selain itu kritik untuk perbaikan sangat diharapkan.
Badri Hamzah selaku local fasilitator program IWSMS mengatakan, jika tarif SMS ini normal, dan sms bisa dikirim dengan cara terstruktur maupun acak. Caranya Pelanggan PDAM bisa mengirimkan keluhannya ke nomor pengaduan sementara yaitu di 085218812596, dengan cara mengetik : keluhan pelanggan (spasi) instansi pelanggan (spasi) kelurahan (spasi) no pelanggan.contoh air mati PDAM kasin 023486.
Staf Penyusunan Program Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, Azis Setiawan mengatakan jika pihaknya berperan sebagai back up dari PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) dan diminta untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka penyehatan air. “Sehingga nantinya, air yang dikonsumsi masyarakat terjamin keamanan dan kesehatannya. Kalau sudah demikian, maka masyarakat tidak akan was-was saat mengkonsumsi air,” ujarnya.
Sumber : Media Centre Kendedes Kota Malang