Studi Tiru di Kabupaten Pasuruan

Studi tiru berikutnya, penggiat KIM menuju Kabupaten Pasuruan, yang telah berhasil mengelola kelompok informasi masyarakat (KIM) sebanyak 120 desa dan kelurahan. Termasuk site visit ke Kebun Argo KIM Surya Harapan Ds Ngempit, juara 2 LCCK Propinsi Jatim tahun 2019.

Kegiatan yang dilakukan pada Selasa 10 Desember 2019 mengambil tempat di Kantor Kabupaten Pasuruan dan kebun Argo Ngempit kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan.

Dalam penjelasannya, sekretaris Dinas Kominfo kabupaten Pasuruan Budi Wibowo disampaikan, bahwa kabupaten Pasuruan mengalami banyak kesulitan dari banyaknya desa dan kelurahan (Tercatat 325 desa kelurahan, dimana 24 wilayah terkategori kelurahan). Khususnya menghubungkan satu dengan yang lain, terutama terkait monitoring pengelolaan dana desa. Sehingga keberadaan KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) dan keberhasilan anggota KIM disatu desa dapat memicu keberhasilan KIM didesa/kelurahan lainnya.

Kebijakan Bupati Pasuruan juga signifikan dalam keberadaan KIM, dimana tercatat pemberdayaan masyarakat lewat pemberian 24 personal computers (PC) mampu memicu banyak keberhasilan desa dan kelurahan. Khusus nya meningkatkan kebanggaan menjadi anggota KIM.

Berfoto di kebun Argo … Berkat Kang Rowo

Strategi khusus yang diberikan Pemda adalah memberikan pelatihan jurnalistik, fotografi dan vlogging ternyata mampu membentuk KIM yang berkualitas. “Kebijakan pengelolaan dan keberhasilan KIM dimulai tahun 2017” demikian disampaikan Eka Maria Ulfa dari Diskominfo “dan sudah menghasilkan banyak prestasi” demikian lanjut wanita ceria dan energik ini.

Dan bukti keberhasilan saat penyampaian progres KIM nampak dari presentasi Forum KIM Kabupaten Pasuruan. ” Forum KIM ini sudah ber SK Bupati” digarisbawahi oleh Eka Maria Ulfa saat menampilkan Hadi Sucipto Ketua (ketua KIM Tretes), Affandi sekretaris (ketua KIM visit Pandaan) dan Supriadi penggiat KIM dari KIM Merah Putih yang sukses di vlogging job. “Bahkan beliau yang punya nama samaran Mister P-men sudah dapat kontrak seumur hidup dari pak camat untuk.pembuatan profil desa” lanjut mbak Eka disapa ceria.

Suasana hati penggiat KIM dan peserta (13 orang) studi tiru Kota Malang ini tampak antusias walau saat itu hawa panas merajai ruangan. Dan tantangan berikutnya yang ditawarkan oleh Pemkab Pasuruan adalah Kebun Argo KIM Surya Harapan.

Perpaduan antara semangat diseminasi informasi dan juara … Ikuti di Semangat Sang Juara

Kontributor Kamidi/Moch Djaelani

Editor Ario51

Foto Dokumentasi KIM Kota Malang

Editor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.