Akabis

Dalam rangka mengoptimalkan peran warga dalam.pengurangan sampai, dan pemahaman tentang TPS3R, hari Sabtu pagi 23/11/2019, bertempat di lokasi TPS3R Kemantren diadakan kegiatan Akabis (Akademi Bijak Mengelola Sampah).

Beberapa bagian dari biodegester yang rusak ditunjukkan oleh pengelola, baapk Kuswandi

Akademi Bijak Sampah dirancang untuk memberikan pengalam langsung kepada peserta dengan mengunjungi tempat-tempat pengelolaan sampah seperti TPA/TPST dan rumah pemulihan material milik Waste4change (W4C). Dipandu fasilitator Nabilla, peserta diajak untuk memahami dan mengerti mengapa sampah rumah tangga harus diproses, melalui tahapan dan komponen dalam TPS3R. Harapan peserta secara merata adalah mendukung beroperasinya TPS3R secara maksimal lewat cara kampanye dan menjadi nasabah TPS3R Basama Bandungrejosari.

Disisi lain, lewat tanya jawab peserta dan diskusi, disampaikan kondisi terkini tentang komitmen masyarakat terhadap manajemen sampah dan pengelolaan sumberdaya manusia serta teknologi sampah yang menyertai nya. Mulai membangun kembali kepengurusan TPS3R Basama, kampanye pengelolaan sampah lewat peringatan hari ibu bulan Desember, sampai optimalisasi teknologi biodegester.

Salah satu peserta,Hariyanto warah Kemantren disampaikan, bahwa masyarakat Kemantren raya siap untuk melanjutkan proses dan kinerja TPS3R. ” Kita sudah menyiapkan konsepnya, lewat upaya pemberdayaan dan promosi yang tepat” Pengelolaan TPS3R harus melibatkan pihak investor, baik manajemen maupun fnansial. Karena masa masa awal kegiatan ini masih rawan, terkait manajemen pengelolaan, asset yang rusak dan program kerja yang akan dilaksanakan. Disamping sumberdaya manusia yang lemah. Semoga kegiatan dapat mendukung optimalisasi TPS3R Basama.

Kontributor Ario51

Foto dokumentasi KIMBIJAK

Foto bersama di depan ruang pengolahan sampah
Komposting area

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.