Predikat Kota Sehat 2019

Kota Malang akhirnya dapat mewujudkan Presikat Kota Sehat lewat penerimaan Swastisaba Wistara oleh Wakil Walikota Malang Sofyan Edi Jarwoko pada Selasa (19/11/2019)di Sasana Bhakti Praja, Gedung C Kemndagi, Jakarta. Turut dalam penerimaan Penghargaan tersebut adalah Kepala Dinas Kesehatan Supranoto dan Ketua Forum Malang Kota Sehat Harinoto.

Penghargaan tersebut merupakan kolaborasi dan sinergi antara Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri untuk memberikan apresiasi terhadap Pemda yang berkomitmen dan berhasil menjadikan Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2019.

“Kesehatan adalah keadaan sehat baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Oleh karena itu, setiap orang berhak atas kesehatan dan atas lingkungan yang sehat sebagaimana menjadi amanat Undang-Undang Kesehatan. Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat merupakan kerjasama antara Pemerintah dan masyarakat secara harmonis, integrasi antar sektor untuk memenuhi kepentingan masyarakat dalam upaya promotif dan preventif agar masyarakat tetap sehat dan produktif,” kata Menkes.

Sementara itu Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menilai, topik kesehatan merupakan isu strategis dan sentral dalam rangka mendukung program prioritas pembangunan nasional yang berkaitan dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), terutama dalam menghadapi bonus demografi.

“Topik kesehatan ini menarik karena visi pertama Bapak Presiden untuk lima tahun ke depan, yaitu kesehatan. Tempat kita bermukim yang sehat dan sejahtera termasuk Pembina yang sehat dan sejahtera adalah di Kabupaten/Kota tempat kita berada. Oleh karenanya kesehatan merupakan aspek yang penting untuk pembangunan SDM, terutama dalam menghadapi bonus demografi,” ujar Mendagri.

Sementara dalam sambutannya Menkes Terawan Agus Putranto berharap agar momentum pemberian penghargaan ini memberi manfaat dan pemahaman yang sama terhadap arah dan kebijakan pembangunan kesehatan. Khususnya, di seluruh Kabupaten/ Kota di Indonesia menuju Indonesia Sehat. Program Kota Sehat juga sebagai upaya meningkatkan sarana, produktivitas, dan perekonomian masyarakatnya. Penghargaan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) merupakan apresiasi pemerinta pusat pada pemerintah daerah yang sudah menyelenggarakan KKS sesuai Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan

Kunjungan Sekda Kota Malang di FKKS Sukun dalam persiapan akhir verifikasi akhir
We are committed ….

Sumber berita : Kementrian Dalam Negeri dan Pemkot Malang

Foto : Humas Pemkot Malang dan Kemendagri, FKKS Sukun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.