Pembinaan teritorial

paparan materi lewat optimalisasi multi media

Selasa 25 Juni 2019 bertempat di Sasana Wahana Mulya Kelurahan Bandungrejosari telah dilaksanakan tatap muka pejabat Koramil 0833/04 Sukun dengan tokoh masyarakat pemuda dan kalangan pemerhati Kecamatan Sukun. Acara ini sebagai salah satu metode pembinaan teritorial terkait kebijakan TNI AD dalam membina kehidupan berbangsa dan bertanah air yang baik, sinergis dengan Pemda. Demikian sambutan Danramil Sukun Kapten inf. Heri Tantono. Acara yang bertajuk Komunikasi Sosial (Komsos) ini selain dihadiri Muspika Sukun , Lurah se Kecamatan Sukun, Tokoh Masyarakat, Orsos Pemuda dan tokoh masyarakat di Kelurahan Bandungrejosari.
Dandim 0833 Kota Malang yang diwakili Pasi intel Kapten Kavaleri Wardoyo mengingatkan akan kebhinekaan dalam memperkuat bangsa ini. Namun disisi lain keberagaman ini juga mengandung potensi ancaman dalam memecah belas atas berbagai kepentingan.
Untuk itulah sebagai pengawal Pancasila dan UUD 45, sudah selayaknya menjalin kemitraan disemua stake holder dalam membangun situasi yang aman dan nyaman dalam hidup berbangsa dan bernegara.
Dalam paparannya Pasi intel menekankan perlunya masyarakat -lewat ketokohan- memahami kelemahan ini guna meningkatkan toleransi, keadilan dan kegotongroyongan. Utamanya mengimplementasikan dlm kehidupan bertetangga dan sosialisasi dalam aktivitas pekerjaan lainnya. Dan bila terjadi perbedaan maka forum musyawarah dan kesetiakawanan sosial harus menjadi rujukan.
Patut kiranya diacungi jempol, bahwa paparan tentang materi kebijakan panglima TNI AD disampaikan lewat optimalisasi pengetahuan multi media (film, musik, jalinan kata dan kalimat yg mudah dipahami). Hal ini yang mendorong mudahnya pesan beliau tersampaikan dengan baik.

Pada paparan materi kedua, Pasi Ops Kodim Kapten Inf Aang Djauhari … menggambarkan peran fungsi Kodim dan Koramil di bidang kewilayahan dalam membentuk alat agar dapat tercapai wilayah yang tangguh. Salah satunya adalah bhabinsa sahabat siswa (hadir setiap Senin di semua level sekolah secara terjadual), bhabinsa peduli dhuafa (bantuan sembako, rehab musholla dll). Kebijakan perwira wilayah ini bertujuan agar hubungan dan Komunikasi Sosial jajaran Bhabinsa dengan masyarakat luas dapat dilaksanakan secara real time dan tepat sasaran .

Hubungan sosial yang dipadu dengan komunikasi yang baik akan meningkatkan ketahanan Nasional

Namun demikian, dibeberapa daerah tentu saja akanada perbedaan kegiatan tergantung potensi dan karakter wilayah.

Acara diselingi dengan pemberian pertanyaan dan tentu saja dibagikan kenangan sebagai tanda terima kasih .

Acara ditutup pada jam 21.00 setelah menyanyikan lagu Padamu Negeri .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.